Nasi box Ibu Ifon di Taman Safari II Prigen

Image
Mojopahit Catering Service, Mengucapkan Terima Kasih Kepada Ibu Ifon, ketua rombongan acara travelling di Taman Safari II Prigen dari Salatiga, yang telah memesan katering, nasi box sebanya 50pax .pada hari Minggu,  tanggal 12 Desember 2020. Mohon maaf atas segala kekurangan ,semoga selamat sampai di rumah. 

PERSIAPAN DALAM USAHA KATERING



PERSIAPAN DALAM USAHA KATERING


   Usaha apapun yang akan kita lakukan yang paling utama adalah harus sesuai dengan minat, bakat dan hobby kita, bila ingin cepat suksess. Tapi tidak semua itu menentukan kesuksesan, kadang kala orang tidak punya bakat dalam bisnis kuliner tetapi sukses dan punya banyak cabang restaurant, Itu tergantuang kemauan dan mental dari si pelaku. Ada beberapa cara / langkah dalam meraih kesuksesan dalam berbisnis kuliner ( catering)
Bisnis pada bidang kuliner, akhir - akhir ini memang sangat menarik. Tapi, tentu memerlukan beraneka jenis unsur pendukung supaya bisnis bisa berkembang terus maju dan tidak kalah saing dengan pelaku bisnis sejenis.
Salah satu usaha kuliner yang bisa kamu mulai adalah katering. Usaha katering ini cenderung lebih aman daripada membuka warung makan yang belum tentu rame. Selain itu, makanan yang disiapkan oleh katering ialah yang sesuai dengan pesanan. Jadi, bisa dipastikan tidak akan rugi akibat makanan tersisa sebab memang makanan yang dimasak setelah ada pemesan.
Untuk seorang yang baru pertama kali terjun di dunia usaha masakan khususnya katering, kamu seharusnya mempelajari terlebih dahulu apa saja persiapannya. Jangan segera menjalankan bisnis tanpa tahu langkah ke depannya akan seperti apa.

1. Menambah pengetahuan dan wawasan
Sebelum mengawali membuka usaha katering, hal utama yang seharusnya kamu lakukan adalah mencari tahu mengenai seluk beluk usaha katering. Seperti yang sedang kamu lakukan sekarang ini dengan membaca artikel ini.
Mencari informasi ini sangat penting, jangan sampai kamu sudah mulai melakukan usaha katering, tapi tidak mengetahui bagaimana mengembangkannya. Akan sangat repot dan hasilnya kurang optimal kalau langsung jalan dan kamu baru mempelajari setelahnya. Karena, bisnis makanan itu tentu berbeda dibandingkan bisnis di bidang fashion atau yang lainnya.



2. Mempersiapkan Modal
Setelah mempunyai ilmu mengenai katering, langkah berikutnya yakni menyiapkan modal. Modal ini dipakai untuk apa? Tentu saja untuk penyediaan alat. Misalkan saja kamu membutuhkan perlengkapan memasak untuk 100 porsi, mungkin jika orderannya masih sebesar itu, perlengkapan yang ada di dapur masih sanggup untuk melayaninya. Tapi, dikala orderan semakin banyak, butuh lebih banyak peralatan supaya waktu yang dipakai untuk memasak lebih efisien.
Selain peralatan masak, kamu juga memerlukan dapur untuk memasak. Dapur rumah masih dapat digunakan, namun perlu penataan ulang supaya dikala mengerjakan pesanan lebih mudah. Kamu juga akan membutuhkan rak khusus untuk tempat peralatan, bumbu-bumbu, dan peralatan lainnya.
Untuk pemula, biasanya akan memerlukan tarif yang tak terlalu besar untuk belanja bahan makanan saat ada orderan. Estimasi biaya yang diperlukan sekitar 500 ribu hingga 2 juta rupiah. Tentu seluruh itu tergantung dari pesanan yang sedang kamu kerjakan.

3. Jaga Kualitas Makanan
Menjaga kualitas makanan itu benar-benar penting, apalagi untuk usaha katering. Karena, pemesan umumnya coba-coba dahulu memakai jasa katering yang belum pernah dia pakai. Nah, ketika mutu dan rasa dari makanan yang kamu masak enak, tentu hal ini dapat menjaga pelanggan agar nantinya pesan lagi ke katering yang kamu miliki.
Selain itu, pengunjung sebuah kegiatan pasti akan bertanya pada yang punya hajat ketika rasa dan kwalitas makanannya enak. Hal ini juga dapat menjadi promosi cuma - cuma yang dapat kamu lakukan.
Tapi, yang lebih penting lagi, makanan ini ialah barang yang mudah sekali basi. Jika kualitasnya tak kita jaga, tentu bisa memberi pengaruh usia makanan tersebut.
Dan, ketika makanan yang kita sajikan sudah tidak sesuai, bisa - bisa menyebabkan sakit perut.

4. Selalu Buat Kreatifitas Baru
Setiap bisnis tentu membutuhkan sebuah inovasi agar dapat bersaing dengan kompetitor. Begitu juga dengan usaha katering, kamu semestinya bisa membuat sesuatu yang baru supaya tak tertinggal dan tetap dapat menarik pelanggan.
Inovasi dalam bisnis katering ini ada banyak yang bisa kamu lakukan, misalkan memperbanyak menu yang ada, membuat paket dengan harga yang relatif terjangkau atau bersaing dengan kompetitor atau inovasi lain yang mungkin dapat mendongkrak penjualan kamu.

5. Pengelolaan Waktu Terkait Penyajian
Penyedia jasa tentulah amat terikat oleh waktu, ketika ada orderan yang seharusnya siap jam 8 pagi, tentu kita sudahseharusnya menghidangkannya lebih awal. Kalau ada pesanan untuk acara prasmanan, tentu kita semestinya lebih awal lagi untuk menyiapkan segalanya.
Nah, ketepatan waktu penyajian ini menjadi sangat penting karena konsumen tentu tidak berkeinginan jika acaranya jadi batal cuma karena makanan yang belum siap. Oleh karena itu, kamu seharusnya dapat memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk memasak, mengantarkan, dan menyajikan makanan hingga bisa dinikmati oleh konsumen.

6. Sedikit banyak Belajar Teknik Marketing, Termasuk Dunia Online
Di jaman yang serba komputerisasi seperti saat ini, pemanfaatan teknologi informasi pasti akan menjadi hal yang wajib. Sebagian orang akan menggali sesuatu yang dia butuhkan secara online, termasuk saat akan mencari katering untuk kegiatan yang akan diadakan.
Tidak perlu hal yang susah dijalankan, kamu bisa mulai dari membikin sebuah fanspage pada Facebook, atau mungkin membuat sebuah akun Instagram. Nah, ketika mulai bisa memanfaatkan media sosial, langkah selanjutnya ialah membikin sebuah website. website dibutuhkan supaya bisnis yang kamu jalankan terlihat lebih serius dan membuat orang lebih percaya.
Akan tetapi, jangan tinggalkan juga marketing secara offline ya, hal ini tentu tak akan pernah bisa digantikan.
 
7. Sesekali Mencoba Bereksperimen
Seperti halnya berinovasi, bereksperimen ini juga perlu sekali-sekali dijalankan. Kamu bisa bereksperimen perihal menu yang akan diciptakan, paket yang kelihatannya akan menarik konsumen, atau mungkin sistem penyajian dari makanan. Semua bisa kamu coba dan kreasikan sampai menemukan mana yang hasilnya memuaskan.

8. Belajar Menentukan Harga yang Rasional
Salah satu alasan pembeli memilih sebuah jasa katering  adalah tarifnya yang pantas. Jangan pernah menetapkan harga yang terlalu tinggi padahal kamu baru memulai usaha katering. Tetapkan harga yang cocok dengan pasaran, atau jikalau bisa sedikit bersaing sehingga pengorder akan memilih katering milik kamu.

9. Jangan Bermental Lemah 
Selain mengurusi persoalan teknik perkateringan, jiwa yang kamu punya juga harus kuat. Karena, bisa jadi kamu menerima konsumen yang kurang sabar dan banyak komplain. Apabila jiwamu lemah, bisa jadi baru memperoleh satu kali pesanan saja sudah berkeinginan berhenti.

10. Kendala Umum yang Sering kali Dihadapi
Ada banyak kendala yang kerap kali menjadi masalah ketika kita membuka usaha katering, seperti banyak pesaing usaha katering, kuliner yang tak cocok dengan selera pelanggan, izin usaha yang belum dimiliki, pengelolaan orderan yang biasanya kerap kali mendapat komplain.

11. Belajar dari Orang Lain yang telah membuka bisnis masakan
Setelah sukses menjalankan bisnis katering, kamu juga perlu untuk belajar ilmu dari pengusaha yang telah lebih dahulu terjun dalam dunia katering. Ada banyak kok yang dengan suka rela berbagi ilmu tanpa ditutup-tutupi.
Tapi ingat, kamu wajib tahu dengan siapa berkomunikasi. Sebelum belajar dan menggali cerita dan pengalaman, usahakan kamu sudah mengakrabkan diri terlebih dulu.
Nah, itu tadi sebagian hal yang harus kamu persiapkan dikala mengawali membuka usaha katering. Selalu utamakan kenyamanan konsumen agar kamu menerima konsumen yang setia dan selanjutnya dia akan memesan kembali.





Comments

Popular posts from this blog

Nasi box Ibu Ifon di Taman Safari II Prigen

CARA MENGHITUNG BIAYA CATERING WEDDINg